Di dalam melakukan kegiatan investasi, ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan, salah satu strategi tersebut yaitu DCA crypto atau dollar cost averaging. DCA disini artinya yaitu menginvestasikan sejumlah aset yang sama dengan cara berkala.

Dengan melakukan investasi secara berkala, nantinya para investor pun bisa meminimalisasi dampak dari volatilitas harga. Hal itu disebabkan karena mereka melakukan pembelian aset di interval waktu yang tidak sama. Jadi di sini para investor melakukan investasi terhadap harga beli rata-rata serta tidak melakukan investasi aset di satu harga saja.

Apa Keuntungan Menerapkan DCA?

 

Dalam jangka panjang, para investor yang menerapkan strategi DCA ini akan mampu memaksimalkan peluangnya untuk memperoleh profit. Dengan strategi tersebut pula investor akan jauh lebih mudah ketika harus menghadapi gejolak emosi akibat penurunan dan kenaikan harga yang terjadi secara drastis dalam cryptocurrency.

Metode yang satu ini memang sangatlah cocok bagi para investor pemula dan juga investor jangka panjang. Penerapan dollar cost averaging ini mempunyai beberapa keuntungan bagi para investor, antara lain yaitu:

  • Untuk menghilangkan resiko investasi yang disebabkan oleh emosi yang tidak stabil.
  • Untuk mengatasi risiko karena tidak mengambil momen yang tepat dalam melakukan pembelian aset.
  • Sangat cocok untuk digunakan oleh para investor yang ingin melakukan investasi dalam jangka waktu panjang.

Menerapkan strategi dollar cost averaging memang tidak selalu menjamin Anda nantinya mengalami kesuksesan dalam melakukan investasi. Namun strategi yang satu ini merupakan salah satu pilihan paling aman, terlebih di tengah kerasnya fluktuasi harga mata uang digital saat ini.

Seperti kita tahu, resiko melakukan investasi di dalam aset kripto yaitu fluktuasi harganya yang terjadi begitu cepat. Karena itulah, timing merupakan salah satu senjata agar Anda dapat bertahan. Hanya saja disini memang tidak semua orang mampu memprediksi kapan timing yang benar-benar tepat untuk mereka masuk ke dalam pasar crypto. Karena ketika timing yang diambil salah, maka potensi keuntungan yang bisa didapat pun juga akan hilang.

Karena itu, supaya Anda terhindar dari dampak timing buruk tersebut, Anda bisa menerapkan skema dollar cost averaging. Hal itu dikarenakan ketika Anda mengambil strategi tersebut, aset yang Anda miliki akan cenderung aman. Selain itu juga Anda tidak akan terpengaruh aksi panik selling yang seringkali dilakukan oleh para investor lainnya.

Keuntungan yang didapat dengan menerapkan strategi dollar cost averaging memang tidak akan semenggiurkan cuan dari para trader ulung yang telah paham mengenai timing kapan harus keluar dan kapan harus masuk pasar.

Namun meski begitu sebagai seorang pemula maka strategi dollar cost averaging ini merupakan salah satu strategi yang sangat patut untuk Anda pertimbangkan, supaya Anda bisa melakukan investasi secara aman serta tetap memperoleh keuntungan dari volatilitas aset kripto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.