Membangun kolam renang pribadi di dekat kamar merupakan impian bagi banyak orang. Kolam renang pribadi tidak hanya memberikan hiburan dan relaksasi yang tak terbatas, tetapi juga meningkatkan nilai properti Anda. Dengan adanya kolam renang pribadi, Anda dapat menikmati momen-momen menyenangkan dan menyegarkan setiap saat tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah. 

Namun memang untuk membangun kolam renang pribadi di dekat kamar, Anda perlu untuk mempersiapkan berbagai macam hal. Misalnya saja adalah menyiapkan material serta desain untuk kolam renang yang akan dibuat. Banyak orang yang memilih menggunakan beton ready mix untuk membangun kolam renang. Namun Selain itu Anda juga perlu memperhatikan berbagai macam hal lainnya.

Tips Bangun Kolam Renang Pribadi

Untuk membantu Anda mewujudkan impian Anda dalam membangun kolam renang pribadi dekat kamar berikut adalah beberapa tips penting yang bisa diikuti:

1. Tentukan Ukuran dan Desain Kolam Renang

Pastikan Anda mengukur dengan akurat ruang yang tersedia dan merencanakan desain yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah Anda. Jika Anda memiliki ruang yang terbatas, pertimbangkan untuk membangun kolam renang yang lebih kecil atau memilih desain yang kreatif, seperti kolam renang berbentuk L atau kolam renang yang melingkar. 

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan faktor keamanan dengan memasang pagar atau pagar pembatas yang sesuai di sekitar kolam renang. Jika Anda ingin membangun dekat kamar, pastikan pembatas antara kamar dan kolam renang dipersiapkan dengan baik. Anda bisa membuat pembatas ruangan dari bahan kaca agar bisa memandang langsung kolam renang dari kamar.

2. Pilihlah Bahan Konstruksi yang Berkualitas Tinggi 

Jika Anda ingin membangun kolam renang, pastikan juga memilih material berkualitas tinggi. Anda bisa menggunakan berbagai macam material mulai dari pasir, semen, batu, dan yang lainnya. Dengan memilih bahan atau material berkualitas tinggi, kolam renang yang diciptakan tentu juga akan lebih kuat dan tahan lama.

3. Menggali Lubang

Selanjutnya setelah menyiapkan material, Anda bisa  menyewa seorang profesional untuk menggali lubang menggunakan mesin. Pekerjaan ini dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 hari dengan menggunakan mesin. 

4. Memperkuat Pondasi

Konstruksi kolam renang harus cukup kuat untuk menahan guncangan akibat gempa bumi. Gunakan plat baja untuk membuat rangka dinding dan lantai.

5. Lantai Kolam

Setelah baja terpasang, gunakan beton sebagai lantai kolam renang. Perhitungkan jumlah semen yang dibutuhkan untuk ukuran kolam Anda dan gunakan truk untuk mengirimkannya.

6. Penutup Dinding

Setelah lantai terpasang dengan kuat, saatnya membangun dinding menggunakan beton. Pastikan dinding memiliki pelapis yang kuat agar tidak mudah roboh.

7. Menuangkan Beton

Tuangkan beton dalam beberapa lapisan untuk membentuk dinding. Gunakan vibrator semen untuk menghilangkan udara yang terperangkap di antara lapisan beton.

8. Sistem Tahan Air

Struktur utama sudah selesai. Sekarang, Anda perlu menerapkan beberapa lapisan tahan air di bagian dalam dinding dan lantai. Anda dapat melakukan pekerjaan ini sendiri, tetapi pastikan menggunakan produk yang sesuai.

9. Keramik Kolam Renang

Tips berikutnya yaitu memasang keramik di kolam renang dengan bahan dan metode yang sama seperti saat memasang keramik di dapur atau kamar mandi.

Bangun Kolam dengan Beton Ready Mix dari SCG

Salah satu pilihan yang sangat populer untuk membangun kolam renang adalah beton ready mix dari SCG. Beton ready mix adalah campuran beton siap pakai yang telah diolah di pabrik dengan komposisi yang tepat untuk mendapatkan kekuatan dan kualitas yang optimal. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang beton ready mix dari SCG, Anda dapat mengunjungi website resmi mereka di scgcbm.id. Anda juga dapat menemukan kontak informasi untuk berkonsultasi atau memesan produk mereka. Jika Anda menginginkan hasil yang profesional dan memuaskan dalam membangun kolam renang pribadi Anda, beton ready mix dari SCG adalah pilihan yang tepat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *