Tora Sudiro mengalami sindrom Tourette, gangguan saraf yang menurut dokter tak bisa disembuhkan, tapi bisa diredakan. Tora Sudiro mengatakan hasil konsultasinya pada sang dokter, namun jawabannya adalah sindrom Tourette ini belum bisa disembuhkan. Tapi sindrom Tourette bisa diredakan dengan meminum obat penenang.

"Dokter bilang ini dari saraf dan itu nggak bisa disembuhin, bisanya dikurangin pakai obat penenang," jelas Tora Sudiro. Bahkan, diterapi pun tak bisa menyembuhkan ganguan saraf ini. "Terapi juga nggak bisa. Itu udah gift, nggak bisa diapa apain," lanjutnya.

Kendati demikian, suami Mieke Amalia ini tak ingin bergantung pada obat penenang. Sempat Ditangkap karena Obat Penenang Sindrom Tourette, Kini Tora Sudiro Ogah Ketergantungan Tora Sudiro Idap Sindrom Tourette, Gangguan Saraf yang Dideritanya Pernah Kambuh di Lokasi Syuting

Sindrom Tourette: Gangguan Neurologis yang Menyebabkan Tics Tarsum Sempat Diberi Obat Penenang Sebelum Mutilasi Istrinya, Puskesmas Bongkar Kejiwaan Pelaku Anak Sulung Tora Sudiro Bakal Nikah Agustus Mendatang

Alasan Tora Sudiro Pasang 16 CCTV di Rumah Profil Ade Paloh Meninggal Dunia, Minta Sang Kakak Obati Anak yang Idap Sindrom Tourette Sebelum Meninggal, Vokalis Sore Ade Paloh Minta Keluarga Rawat Anak yang Mengidap Sindrom Tourette

Tora Sudiro sempat menggunakan dumolid untuk menenangkan sindrom ini. Namun sayang, dirinya harus berurusan dengan hukum karena menyimpan barang tersebut. Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia, ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (3/8/2017) pukul 10.00 WIB.

Keduanya ditangkap di kediamannya di Bali Vie, Ciputat, Tangerang Selatan. Saat penangkapan terjadi, polisi mengamankan 30 butir obat dumolid. Karena itu pula sepertinya membuat Tora kapok. "Nggak pinter pinter nanti syuting kalau pakai obat penenang terus," tutur Tora Sudiro.

Adapun diketahui Tora Sudiro mengidap sindrom Tourette sejak 2017. Sindrom Tourette yang ia idap lebih sering kambuh saat syuting. Ia mengakui jika penyakit yang dideritanya ini sempat kambuh saat sedang ada acara atau lagi syuting.

"Gue sih trigger nya mungkin dari kecapekan kali ya, banyak pikiran juga. Soalnya kemarin pas nganggur lama, nggak keluar gitu," kata Tora Sudiro ditemui di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, baru baru ini. Tak hanya Tora Sudiro, Lewis Capaldi diketahui mengidap Sindrom Tourette. Pada September 2021 lalu, Lewis Capaldi mengungkapkan dirinya mengidap Sindrom Tourette melalui Live Instagram pribadinya.

Kemudian beredar video di TikTok, Lewis Capaldi mengalami tics karena Sindrom Tourette yang dideritanya ketika konser berlangsung di Jerman pada Selasa (21/2/2023) lalu. Sindrom Tourette Lewis Capaldi kambuh tepatnya ketika dirinya menyanyikan lagu hitSnya di tahun 2019 yaitu 'Someone You Loved', dikutip dari Merca. Ketika Sindrom Tourette Lewis Capaldi kambuh, ia memilih untuk mundur.

Lalu, penonton membantunya menyelesaikan lirik lagu tersebut. Lewis Capaldi pun mengucapkan terima kasih kepada para penggemar. Dilansir dari artikel di Siloam Hospitals, sindrom Tourette merupakan suatu kelainan atau gangguan saraf yang merupakan bawaan sejak lahir.

Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan penderita dalam mengendalikan gerak gerik tubuh serta ucapan yang terlontar dari mulut (tics). Mengutip dari Ninds.nih.gov, Sindrom Tourette merupakan gangguan neurologis yang dapat menyebabkan gerakan cepat dan berulang, serta tidak terkendali atau suara vokal yang disebut tics. Selain itu, Sindrom Tourette juga merupakan salah satu dari kelompok gangguan perkembangan sistem saraf yang disebut gangguan tic.

Tics motorik (melibatkan gerakan tubuh) atau vokal (melibatkan suara yang Anda buat) Sindrom Tourette dapat kambuh seiring waktu, bervariasi dalam jenis, frekuensi, lokasi, dan tingkat keparahannya. Bagi seseorang yang mengidap Sindrom Tourette tidak dapat menghentikan gerakan atau suara yang terjadi. Momen Sindrom Tourette Lewis Capaldi Kambuh saat Konser, (Tangkapan Layar TikTok @Katharina.shry) Gejala Sindorm Tourette

Mengutip dari NHS, tics merupakan gejala utama Sindrom Tourette. Tics biasanya muncul di masa kanak kanak antara usia 2 dan 14 (rata rata sekitar 6 tahun). Orang dengan sindrom Tourette memiliki kombinasi tics fisik dan vokal.

Contoh tics fisik: Berkedip Mata bergulir

Meringis Mengangkat bahu Menyentak kepala atau anggota badan

Melompat Berputar putar Menyentuh benda dan orang lain

Contoh tics vokal: Dengkur Pembersihan tenggorokan

Siulan Batuk Klik lidah

Suara binatang Mengucapkan kata dan frasa acak Mengulangi suara, kata atau frase

Mengutip dari mayoclinic, penyebab Sindrom Tourette tidak diketahu secara pasti. Namun, Sindrom Tourette merupakan adalah kelainan kompleks yang kemungkinan disebabkan oleh kombinasi faktor keturunan (genetik) dan lingkungan. Bahan kimia di otak yang mengirimkan impuls saraf (neurotransmiter), termasuk dopamin dan serotonin, mungkin berperan.

Terdapat 2 faktor risiko Sindrom Tourette, di antaranya: Sejarah keluarga Memiliki riwayat keluarga sindrom Tourette atau gangguan tic lainnya dapat meningkatkan risiko pengembangan sindrom Tourette.

Seks Laki laki sekitar tiga sampai empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom Tourette. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *