Penting atau tidaknya penggunaan grammar dalam bahasa Inggris adalah topik yang sering kali menjadi perdebatan. Beberapa orang berpendapat bahwa grammar merupakan hal yang sangat penting dalam berbahasa, sementara yang lain berpendapat bahwa kefasihan dalam berbicara dan menulis lebih diutamakan daripada memperhatikan grammar yang sempurna. Namun, untuk memahami apakah penggunaan grammar itu penting atau tidak, kita perlu memahami terlebih dahulu tujuan dari tense sederhana dan kebiasaan dalam bahasa Inggris.

Tujuan dari simple present tense adalah untuk menyatakan suatu fakta, kebiasaan, atau kebenaran umum yang terjadi secara berulang atau rutin pada waktu sekarang. Contohnya, “I go to school every day” (Saya pergi ke sekolah setiap hari) atau “He eats breakfast every morning” (Dia sarapan setiap pagi). Dalam hal ini, penggunaan grammar sangat penting karena tense yang digunakan harus sesuai dengan konteks kalimat untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan tepat.

Selain itu, kebiasaan dalam bahasa Inggris juga sering kali berkaitan dengan penggunaan grammar yang benar. Misalnya, untuk menyatakan kebiasaan atau rutinitas, kita menggunakan simple present tense, seperti yang disebutkan sebelumnya. Hal ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain tentang apa yang kita lakukan secara rutin atau kebiasaan kita sehari-hari. Jika kita tidak memperhatikan grammar dengan baik, pesan yang ingin disampaikan dapat menjadi tidak jelas atau bahkan salah pengertian.

Meskipun demikian, ada juga pandangan bahwa kefasihan dan kelancaran dalam berbicara dan menulis lebih penting daripada grammar yang sempurna. Terutama dalam situasi percakapan sehari-hari atau komunikasi informal, orang seringkali lebih memperhatikan pesan yang disampaikan daripada kesalahan grammar yang mungkin terjadi. Namun, hal ini tidak berarti bahwa grammar tidak penting sama sekali. Kehadiran grammar yang baik dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan menghindari kebingungan atau salah pengertian.

Dengan demikian, penting atau tidaknya penggunaan grammar dalam bahasa Inggris dapat bervariasi tergantung pada konteks dan tujuan komunikasi. Dalam situasi formal atau ketika menyampaikan informasi yang spesifik, grammar yang benar sangat penting untuk memastikan pesan disampaikan dengan jelas dan akurat. Namun, dalam komunikasi sehari-hari atau situasi informal, kefasihan dalam berbicara dan menulis mungkin lebih diutamakan daripada grammar yang sempurna. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami konteks komunikasi dan tujuan kita dalam menggunakan grammar dalam bahasa Inggris.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *