Turis dari Indonesia menjadi wisatawan terbanyak yang melancong ke Singapura sepanjang 2023 lalu. Singapore Tourism Board (STB) atau Badan Pariwisata Singapura mencatat ada 2,3 juta wisatawan asal Indonesia yang berpelesir ke Singapura sepanjang 2023 lalu. Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding turis asal Tiongkok yang mencapai 1,4 juta orang dan turis asal Malaysia sebanyak 1,1 juta orang.

"2,3 juta turis Indonesia mengunjungi Singapura pada tahun 2023 adalah jumlah wisatawan tertinggi dibanding wisatawan dari negara lain. Jadi yang terbanyak di tahun lalu adalah dari Indonesia," kata Hafez Marican, Area Director Singapore Tourism Board di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Selasa, 26 Maret 2024. Hafez juga membeberkan, dari 2,3 juta turis Indonesia yang melancong ke Negeri Singa itu sebagian besar berasal dari tiga daerah yaitu Jakarta, Surabaya, dan Kepulauan Riau yang jaraknya cukup dekat dengan Singapura. "Wisatawan dari Indonesia banyak yang menghadiri berbagai event di Singapura, seperti baru baru ini konser Taylor Swift yang banyak ditonton warga Indonesia. Kami melihat bahwa Singapura tetap menjadi tujuan wisata dan bisnis yang menarik bagi warga Indonesia," kata Executive Director Singapore Tourism Board South East Asia, Terrence Voon.

"Indonesia adalah pasar utama dan penting bagi Singapura, dan kami akan terus membina dan memperkuat kemitraan dengan para pemangku kepentingan industri untuk mendorong pertumbuhan pariwisata,” imbuhnya. Secara keseluruhan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Singapura pada 2023 lalu angkanya mencapai 74 persen dari total wisatawan pada tahun 2019 sebagai angka tertinggi dalam sejarah pariwisata Singapura. 2,3 Juta Wisatawan Indonesia Pelesir ke Singapura Sepanjang 2023, Terbanyak Dibanding Negara Lain Wisatawan Ke Singapura Paling Banyak dari Indonesia Sepanjang 2023

Kunjungan Wisman ke Batam Meningkat, Terbanyak Wisman dari Singapura Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3 SD Semester 2 Beserta dengan Kunci Jawaban, Soal Pilihan Ganda Sripoku.com Strategi Manulife Aset Manajemen Indonesia Jaga Kepercayaan 2,3 Juta Investor

Banten Provinsi dengan Penderita Kasus Flu Singapura Terbanyak di Indonesia Kasus DBD di Sragen Bertambah, Jumlahnya Lebih Tinggi Dibanding Sepanjang Tahun 2023 Layanan Telekomunikasi Indonesia Masih Tertinggal dari Negara Lain

Hafez mengatakan tahun ini Singapore Tourism Board menargetkan bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan dari luar negeri untuk datang ke Singapura. Untuk itu, lebih menarik perhatian wisatawan, STB meluncurkan kampanye pemasaran global terbarunya bertajuk "Made in Singapore". "Kampanye terbaru ini untuk menarik perhatian para wisatawan dan menginspirasi mereka untuk memilih Singapura sebagai tujuan wisata berikutnya, dengan fokus pada bagaimana Singapura mengubah momen sehari hari menjadi pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan,” kata Indriati Permanasari, Manager Indonesia Area Group STB.

Indriati mengatakan dengan kampanye "Made in Singapore", STB ingin menghadirkan pengalaman unik yang hanya ada di Singapura kepada para wisatawan. Selama ini sudah ada sejumlah destinasi wisata di Singapura yang telah mendunia dan karib bagi masyarakat Indonesia, mulai dari Jewel Changi yang merupakan air terjun indoor tertinggi di dunia. Kemudian ada Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Universal Studio Singapore, Genting Dream Destination Cruises, Trifecta, SEA Oceanarium, Bird Paradise, dan destinasi lainnya.

Ke depannya, kata Indriati, akan ada sejumlah destinasi wisata dan wahana baru serta event yang sedang untuk para wisatawan dari berbagai negara. Di antaraya adalah Harry Potter: A Forbidden Forest Experience yang berada di Sentosa Island. Wahana yang ditujukan bagi penggemar Harry Potter ini baru saja dibuka pada Februari 2024 lalu.

Tak hanya wahana, ada pula fasilitas Singapore Sidecars untuk merasakan sensasi berbeda mengelilingi sejumlah area di Singapura. "Pengalaman memakai sidecars saat jalan jalan di sejumlah wilayah di Singapura bisa jadi pengalaman unik dan berbeda yang dapat Anda rasakan. Memakai sidecars bisa jadi pilihan untuk melihat langsung Kota Singapura,” jelas Indriati. Sidecar adalah armada yang dimodifikasi dengan tambahan seperti tempat yang terpasang di samping vespa dan motor.

Tambahan tempat ini membuat penumpang merasa nyaman karena tempat duduk yang lebih luas. Jadi pengemudi atau riders dari Singapore Sidecars dapat membawa Anda keliling tempat di Singapura yang ingin lewati dan nikmati. Para pengunjung bisa duduk manis di tempat tambahan tersebut sambil menikmati jalan jalan di Singapura.

Anda juga bisa langsung memotret atau mengambil foto secara langsung yang menarik perhatian. Ada pula wahana baru yang akan menarik perhatian para penggemar Minion dari Despicable Me di Universal Studios Singapore (USS). Karakter fiksi kuning yang populer ini akan menggantikan zona Madagaskar di USS.

Selain itu ada sejumlah event yang digelar, salah satunya adalah Bazaar Raya Geylang Serai yang merupakan acara tahunan. Kita bisa menjelajahi pasar yang ramai dihiasi dengan kios kios berwarna warni yang menawarkan berbagai makanan tradisional Melayu dan Muslim, pakaian, dekorasi, dan banyak lagi. Event ini berlangsung sejak 8 Maret hingga 9 April 2024.

Di sisi lain STB juga terus mempromosikan Singapura sebagai destinasi wisata ramah muslim. Indriati menyebut Singapura adalah destinasi teratas wisatawan muslim dari negara non OKI karena mempunyai banyak tempat makan halal mulai dari warung jalanan atau street food sampai restoran mewah. Mereka pun menggandeng penyanyi terkenal asal Swedia, Maher Zain untuk mempromosikan wisata halal di Singapura.

Usaha STB lainnya dalam berpromosi di Indonesia adalah membuat papan reklame elektronik di kawasan Bundaran HI di Jalan MH Thamrin, Jakarta. Serangkaian video animatronik 3D menampilkan beragam tempat dan atraksi wisata di negeri Singa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *