Aktivitas setiap hari mengharuskan penglihatan kita tetap sehat dan optimal. Mata menjadi salah satu organ vital yang harus disyukuri selagi sehat. Pernah tidak terfikirkan untuk mengistirahatkan mata sejenak? Lebih tepatnya jarang, lebih sering mengistirahatkan badan daripada mata. Badan diajak rehat sejenak, namun mata diajak scrolling media sosial.

Ketika bangun tidur mata adalah salah satu organ tubuh yang bekerja lebih dahulu. Maka bisa terbayang vitalnya organ satu ini. Harus ekstra hati-hati menjaga mata supaya tidak menyesal.

Pengalaman Mengenai Mata Kering

Aktivitas yang saya lakukan menyebabkan mata jarang berkedip dalam waktu lama seperti bermain smartphone sambil tiduran berjam-jam, membaca buku terlalu lama. Dan hal ini menimbulkan gejala mata kering seperti mata sepet, perih, dan pegel.

Mata kering yang tidak tertangani sejak awal dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup lantaran kita tidak bisa beraktivitas dengan optimal dan bergantung pada obat-obatan. Jika terus dibiarkan dapat merusak permukaan mata karena peradangan atau infeksi.

Saya juga pernah membaca bahwa bahaya bila mata tidak mengeluarkan air mata dalam sehari. Supaya tidak mengalami hal yang sama seperti saya sebaiknya jauhi penyebab mata kering seperti menatap gadget dalam waktu lama, terpapar angin AC dan lain sebagainya.

Bagaimana Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Mata Kering?

Menggunakan Kacamata

Aktivitas diluar ruangan baik di pagi atau malam selalu sediakan dan bawa kacamata. Mungkin bagi Anda yang tidak terbiasa akan terasa risih. Terutama untuk Anda yang sering bepergian jauh, wajib menggunakan kacamata. Sebab kita tidak tahu debu-debu ketika berkendara bisa masuk dan menempel bahkan menumpuk bisa menyebabkan mata kering.

Hindari Penggunaan Riasan Pada mata

Menggunakan eye liner, bulu mata palsu sebaiknya gunakan dalam waktu jangka pendek, tidak disarankan dalam jangka lama. Sebab benda tersebut adalah benda asing yang ditempel pada mata, dikhawatirkan dapat merusak bagian-bagian mata.

Mengatur Waktu Kerja di Depan Layar

Jam penggunaan mata di depan layar lebar atau layar smartphone harus diatur. Maksimal tiga jam mata menatap di depan layar selebihnya istirahatkan untuk hal lain. Sama halnya menatap smarthphone, seringkali tidak disadari baru satu jam scrolling medsos tiba-tiba sudah 4 jam. Dibutuhkan ketegasan untuk diri sendiri mengatur pandangan mata akan layar.

Mengurangi Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak kadang berguna sebagai penolong kadang sebagai aksesoris. Penggunaan lensa kontak terlalu sering dalam jangka waktu lama membuat mata terasa pedih bagi yang tidak terbiasa. Lensa menempel langsung dengan bola mata tanpa halangan. Penggunaan lensa kontak dapat diatur menyesuaikan kondisi penggunanya.

Menggunakan Obat Mata Kering

Untuk obat mata kering, Anda bisa menggunakan Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes adalah tetes mata yang mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan, digunakan untuk memberikan efek pelumas mengatasi gejala mata kering, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata, juga bisa digunakan sebagai pelumas mata palsu.

Produk Insto Dry Eyes ini berbentuk botol bening kecil dengan bagian atas berkerucut warna biru laut. Dengan berat bersih 7,5 ml, setiap ml mengandung hydroxypropyl melthycellulosa 3.0 mg, Benzalkonium chloride 0,1 mg yang bermanfaat meningkatkan rasa tidak nyaman karena kurang air mata saat di tempat dingin atau dalam ruangan ber AC.

Hadirnya #InstoDryEyes khusus mata kering cukup membantu kita-kita para pekerja di depan layar. Selain pengaplikasiannya mudah, mudah didapatkan di apotek terdekat. Maka saat mata tidak nyaman bisa cepat tertangani. #SolusiMataKering yang bisa diandalkan dimanapun dan kapanpun.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *