Taman menghadirkan kesan asri dalam sebuah hunian. Keberadaannya bisa menyaring udara sehingga akan menyehatkan penghuninya. 

Namun keterbatasan lahan terkadang membuat seorang pemilik rumah kehabisan akal untuk membuat taman. Berikut ini aneka desain taman yang bisa Anda hadirkan dalam inspirasi rumah

Inspirasi Taman yang Bisa Anda Bawa ke Rumah

Selain menambah keasrian dan kesan estetik rumah, taman juga bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu senggang. 

Salah satu triknya adalah memanfaatkan semaksimal mungkin area yang ada. Begini desain taman yang dapat Anda jadikan inspirasi menambah kesan hijau di rumah! 

  • Taman Depan Rumah

Inspirasi rumah dengan taman pertama yaitu membuat taman di halaman depan. Beberapa keuntungan yang akan diperoleh antara lain, dapat memberi kesan rumah lebih menawan karena taman Anda bisa dilihat oleh tamu atau orang yang lewat. 

Selain itu, tanaman dalam taman di depan rumah akan bantu menyaring udara dan polusi akibat lalu lalang kendaraan. 

Anda bisa menaruh batuan mulai dari depan pintu hingga gerbang depan rumah. Selain itu, beberapa tanaman hias bisa Anda tanam untuk mempercantik area ini. 

  • Taman Mungil di Sudut Rumah

Tingginya harga tanah menyebabkan pemiliknya harus pandai memaksimalkan lahan saat membangun rumah. Nah, Anda bisa memanfaatkan sudut rumah untuk dijadikan taman. 

Anda bisa memadukan tanaman bunga perdu dengan rumput untuk menambah keasrian. Pada tepiannya, Anda bisa menggunakan batu koral putih sebagai pemanis. 

  • Vertical Garden

Vertical garden merupakan solusi bagi pemilik lahan terbatas. Sesuai namanya, dalam vertical garden, tanaman akan ditanam di atas bidang tegak lurus. 

Anda bisa menggunakan pot yang kemudian disusun dari atas ke bawah, memakai pipa pvc dan lainnya. Selain memberi kesan asri, vertical garden juga mampu difungsikan sebagai partisi satu area dengan area lainnya. 

  • Taman dan Ikan Koi

Memadukan taman dengan kolam ikan koi bisa Anda lakukan untuk menambah keasrian rumah. Anda juga bisa menambahkan air mancur untuk menghadirkan suasana semakin syahdu. 

Saat memiliki kolam dan taman di rumah, Anda bisa bersantai sambil mendengar gemercik air. Cara ini bisa menjadi pelepas lelah karena suara gemercik air bisa memberi ketenangan. 

  • Taman di Teras

Tak ada salahnya memanfaatkan teras untuk dibuat taman. Salah satunya dengan menanam bunga menggunakan pot gantung. 

Selain bunga, Anda juga bisa menanam tanaman lain yang cocok untuk digantung, misalnya tanduk rusa yang ditanam di tiang rumah yang kokoh, sirih gading yang akan menjulur indah dan sebagainya. 

Selain mempercantik tampilan rumah, pot gantung juga bisa Anda manfaatkan sebagai partisi alami antara area depan dan area rumah. 

  • Taman Kering dengan Tumbuhan Tropis

Jika Anda tak sempat merawat tanaman, Anda bisa membuat taman kering yang ditanami tumbuhan tropis sehingga tidak mengharuskan Anda sering menyiram. 

Beberapa tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak air, misalnya kaktus atau berbagai jenis palem. Tentu pemilihan ukuran tanaman perlu disesuaikan dengan luas area. 

Bagaimana tak sulit bukan membawa kesan asri dalam sebuah hunian dengan membuat taman? Anda bisa membangun taman menggunakan semen PCC yang memiliki daya rekat tinggi, tekstur semen lebih halus sehingga mendukung pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. 

Jangan lupa kunjungi https://scgcbm.id/ untuk mendapatkan informasi produk SCG serta berbagai artikel inspirasi rumah lainnya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *